A.Pendahuluan
Assalamualaikum Wr.Wb.
Kembali lagi di blog saya . kali ini saya akan membahas
Materi yang sudah saya dapat dari hari kedua Training Cisco CCENT ini. Kalau
begitu langsung saja.
B.Latar Belakang
Mengetahui materi yang telah di jelaskan agar mudah saat
Ujian Cisco Berlangsung.
C.Pembahasan
Chapter 1
Berkomikasi Di Dunia Yang Saling Terhubung
Apa itu Jaringan ?
Jaringan adalah interkoneksi yang di mana dua buah komputer yang saling
terhubung untuk saling berbagi resource.
Apa itu online ?
Online adalah suatu kondisi yang dimana kita terhubung dengan internet.
Apa itu internet ?
internet adalah kumpulan jaringan yang saling terhubung dengan berbagi
perangkat yang berbasis digital.
Apa itu Data ?
Data Adalah nilai yang mewakili sesuatu.
Pembagian Jaringan :
·
PAN (Personal
Area Network)
·
LAN (Local
Area Network)
·
SOHO :
Memungkinkan komputer di dalam kantor rumah atau kantor jarak jauh untuk
terhubung kejaringan perusahaan atau mengakses sumber daya bersama yang
terpusat.
·
MAN (Metropolita
Area Network)
·
WAN (Wide
Area Network)
·
WLAN (Wireles
Lokal Area Network)
Jaringan Lokal
Jaringan lokal di bagi menjadi menjadi 3 yaitu:
·
Intermediate device (Perangkat Perantara) seperti
Mikrotik,Switch, Hub DLL.
·
End Devices (Perangkat Host/Client) Laptop,Smart
phone, Pc DLL.
·
Network Media (Media Transmisi) Seperti Media Lan, WAN , Dan Media Wireles.
·
Peer-to-Peer Dua komputer dan tidak membutuhkan
server
Client to server
· Server adalah perangkat yang memberikan
informasi ke client
· Client adalah yang menginstal perangkat yang
memungkinkan mereka meminta dan menampilkan informasi
· Ping adalah sebuah utilitas/alat yang dapat
digunakan untuk menguji konektivitas end-to-end antara alamat IP sumber dan
tujuan
· Traceroute adalah utilitas yang dapat digunakan
untuk menampilkan hop untuk sampai ke tujuan
· Latency adalah jumlah waktu, termasuk penundaan,
diambil untuk potongan data tertentu untuk melakukan perjalanan dari satu titik
tertentu ke titik lainnya
Membangun Jaringan sederhana
Apa itu Jaringan peer
to peer? Jaringan peer to peer merupakan salah satu model jaringan komputer
yang terdiri dari dua / beberapa komputer, dimana setiap komputer yang terdapat
di dalam lingkungan jaringan bisa saling berbagi.
Apa itu client dan
server ? Client adalah jaringan yang menggunakan sumber daya yang disediakan
oleh server. Server adalah sebuah sistem komputer yang menyediakan jenis
layanan (servis) tertentu dalam sebuah komputer.
Jenis-Jenis Data :
Voluntereed Data (Data
Sukarela) di buat dan di bagikan secara eksplisit oleh indivudu , seperti
profil jaringan sosial. Jenis data ini mungkin termasuk file video, gambar,
teks atau file audio.
Inferred data (data
yang disimpulkan) Data yang disimpulkan, seperti nilai kredit, didasarkan
pada analisis data sukarela atau data yang diamati.
Observed data (data yang diamati) Data yang diamati ditangkap
dengan merekam tindakan individu, seperti data lokasi saat menggunakan ponsel.
Apa itu Bit ? Bit
adalah unit data terkecil serta ditransmisikan sebagai sinyal melalui kawat
tembaga, kabel serat optik, dan nirkabel.
Bandwidth (Lebar
jalur data)
Throughput Kecepatan
data yang sebenarnya
Chapter 2
Ponsel menggunakan gelombang radio untuk mengirimkan sinyal
ke antena yang terpasang menara yang berada di wilayah geografis tertentu. Jaringan lain yang digunakan oleh ponsel pintar meliputi
GPS, Wi-Fi, Bluetooth, dan NFC:
·
Global
Positioning System (GPS): jaringan telepon pintar yang memungkinkan ponsel
menghitung lokasi ponsel
·
Wi-fi:
jaringan telepon pintar yang memungkinkan ponsel terhubung ke jaringan lokal
dan internet menggunakan jalur akses nirkabel
·
Bluetooth:
teknologi nirkabel jarak pendek untuk menghubungkan headphone atau speaker ke
jaringan lokal
·
NFC
adalah singkatan dari Near Field Communication yang intinya menciptakan
komunikasi antar dua perangkat dengan cara menyinggungkan atau mendekatkan dua
perangkat pada jarak hingga beberapa sentimeter saja.
Tiga komponen
informasi yang dibutuhkan oleh perangkat pengguna akhir untuk berkomunikasi
di jaringan:
·
Alamat
ip: Alamat yang digunakan sebagai
identitas.
·
Subnet
mask: Untuk pembagian net id dan host id.
·
Default
gateway: IP yang digunakan untuk berkomunikasi dengan network yang berbeda.
·
DNS
Server: perangkat yang menerjemahkan nama domain (www.cisco.com) ke alamat
IP.
·
Physical
topology/topologi fisik: sebuah diagram topologi yang menunjukkan lokasi
perangkat jaringan yang menghubungkan host dan kabel yang terpasang.
·
Logical
topology/topologi logis: sebuah diagram topologi yang menunjukkan informasi
konfigurasi dan perangkat pengalamatan IP.
Prinsip DHCP yaitu DORA
Type network media:
·
Cooper (UTP & STP, dll) > max 100m
·
Coaxial (Kabel televisi, dll) > max 500m
·
Fiber-optic > max 2km (single mode), 550m
(multi mode)
Kriteria untuk
memilih media jaringan:
·
Jarak
·
Lingkungan
·
Kecepatan
·
Biaya
·
Jumlah data
Gangguan saat
mengirim data yaitu:
·
Interferensi (crosstalk)
·
Elektromagnetik (EMI)
Perbedaan UTP dan STP:
STP > Dalam
bungkusan terdapat lagi bungkus-bungkus kecil tiap warna yang menyerupai (misal
putih orange & orange).
UTP > Hanya
ada 1 bungkusan untuk semua warna.
UTP: Jenis kabel
jaringan yang paling umum digunakan untuk menghubungkan perangkat.
Straight-through:
Jenis kabel yang digunakan untuk dua perangkat yang menggunakan pin berbeda
untuk mentransmisikan dan menerima data.
Crossover: jenis
kabel yang akan digunakan untuk dua perangkat yang menggunakan pin yang sama
untuk mentransmisikan dan menerima data.
Coaxial: Sarana
penyalur yang bertugas menyalurkan setiap informasi yang telah diubah menjadi
sinyal–sinyal listrik.
Fiber Optic Terdiri Dari:
Jenis kabel yang terbuat
dari kaca atau plastik yang sangat halus dan lebih kecil dari sehelai rambut,
dan dapat digunakan untuk mentransmisikan sinyal cahaya dari suatu tempat ke
tempat lain.
1.
Jacket
2.
Strengthening material
3.
Buffer
4.
Cladding
5.
Core
Chapter 3
Tiga elemen penting
dalam komunikasi:
·
Source
·
Destination
·
Media transmisi
Protocol adalah
suatu aturan berkomunikasi pada perangakat komputer.
Protokol komunikasi:
·
Timing: Kecepatan
pengiriman ke tujuan.
·
Message
size: Ukuran suatu paket yang dapat dikirimkan dalam waktu tertentu.
·
Message
format: Format paket atau data yang akan dikirim.
·
Encapsulation:
Memberikan informasi tambahan.
·
Encoding:
Proses mengubah informasi ke bentuk yang lain agar mudah dimengerti.
·
Message
pattern: Pola pengiriman paket/data.
Metode pengiriman:
· Broadcast
(1 untuk semua)
·
Multicast
(1 untuk banyak atau grup)
·
Unicast
(1 untuk 1)
Protocol stack
·
Komunikasi yang sukses membutuhkan interaksi
antar protocol.
·
Sebuah stack protocol digunakan untuk membantu
memisahkan fungsi masing-masing protocol.
·
Hal ini memungkinkan setiap laposan di stack
beroperasi secara independen dari yang lain.
Menggunakan model
layered
·
Model berlapis membantu kami memvisualisasikan
bagaimana berbagai protokol bekerja bersama untuk memungkinkan komunikasi
jaringan
Perbedaan Osi Layer
dan TCP/IP yaitu:
·
OSI LAYER digunakan untuk standar komunikasi,
sedangkan TCP/IP digunakan untuk komunikasi jaringan.
·
OSI LAYER cuman materi namun digunakan pada
proses troubleshooting, sedangkan TCP/IP diterapakan atau diimplementasikan.
Keuntungan open
standard:
·
Persaingan sehat.
·
Bisa berinovasi.
·
Bisa berkomunikasi antar vendor.
Enkapsulasi
·
Proses menempatkan satu pesan ke dalam format
pesan lain disebut enkapsulasi.
·
De-enkapsulasi terjadi saat proses dibalik.
·
Sebelum pesan jaringan dikirim melalui jaringan,
jaringan tersebut dienkapsulasi dalam bingkai yang mengidentifikasi alamat MAC
tujuan dan sumber.
Mengapa Jaringan
Butuh Desain Hirarkis
·
Alamat MAC mengindentifikasi host tertentu di
jaringan lokal, namun tidak dapat digunakan untuk menjangkau jaringan host
jarak jauh.
·
Desain hirarkis diperlukan.
Manfaat desain Hirarkis
·
Jaringan enterprise paling sering
Tiga lapisan dasar
desain hirarkis:
·
Access layer menyediakan koneksi ke host di
jaringan Ethernet lokal.
·
Distribution layer menghubungkan jaringan lokal
yang lebih kecil.
·
Core layer menyediakan koneksi berkecepatan
tinggi antara perangkat lapisan distribusi.
Membagi Jaringan Lokal:
·
Seiring pertumbuhan jaringan, seringkali
diperlukan untuk membagi satu jaringan lapisan akses ke dalam beberapa jaringan
lapisan akses.
·
Ada banyak cara untuk membagi jaringan
berdasarkan kriteria yang berbeda.
Kriterianya yaitu:
·
Broadcast containment
·
Security requirements
·
Physical locations
·
Logical grouping
Frame yang akan
dikirim:
·
Minimum 64 bytes
·
Maksimum
1518 bytes
D.Kesimpulan
Memahami materi yang telah di paparkan dapat membantu saat menyelesaikan
tugas.
E.Penutup
Sekian untuk hari ini , Jika ada kesalahan dari pengetikan
mohon maaf karena saya membuat ini di malam hari. Wassalamu Alaikum Wr.Wb.
Comments
Post a Comment