Hari kedua Training Cisco CCENT |#Part 2 | AnungNet



A.Pendahuluan
Assalamualaikum Wr.Wb.
Kembali lagi di blog saya . kali ini saya akan membahas Materi yang sudah saya dapat dari hari kedua Training Cisco CCENT ini. Kalau begitu langsung saja.

B.Latar Belakang
Mengetahui materi yang telah di jelaskan agar mudah saat Ujian Cisco Berlangsung.

C.Pembahasan

Chapter 1
Berkomikasi Di Dunia Yang Saling Terhubung
Apa itu Jaringan ? Jaringan adalah interkoneksi yang di mana dua buah komputer yang saling terhubung untuk saling berbagi resource.
Apa itu online ? Online adalah suatu kondisi yang dimana kita terhubung dengan internet.
Apa itu internet ? internet adalah kumpulan jaringan yang saling terhubung dengan berbagi perangkat yang berbasis digital.
Apa itu Data ? Data Adalah nilai yang mewakili sesuatu.

Pembagian Jaringan :
·         PAN (Personal Area Network)
·         LAN (Local Area Network)
·         SOHO : Memungkinkan komputer di dalam kantor rumah atau kantor jarak jauh untuk terhubung kejaringan perusahaan atau mengakses sumber daya bersama yang terpusat.
·         MAN (Metropolita Area Network)
·         WAN (Wide Area Network)
·         WLAN (Wireles Lokal Area Network)

Jaringan Lokal
Jaringan lokal di bagi menjadi menjadi 3 yaitu:
·         Intermediate device (Perangkat Perantara) seperti Mikrotik,Switch, Hub DLL.
·         End Devices (Perangkat Host/Client) Laptop,Smart phone, Pc DLL.
·         Network Media (Media Transmisi)  Seperti Media Lan, WAN , Dan Media Wireles.
·         Peer-to-Peer Dua komputer dan tidak membutuhkan server

Client to server
·       Server adalah perangkat yang memberikan informasi ke client
·       Client adalah yang menginstal perangkat yang memungkinkan mereka meminta dan menampilkan informasi     
·       Ping adalah sebuah utilitas/alat yang dapat digunakan untuk menguji konektivitas end-to-end antara alamat IP sumber dan tujuan
·       Traceroute adalah utilitas yang dapat digunakan untuk menampilkan hop untuk sampai ke tujuan
·        Latency  adalah jumlah waktu, termasuk penundaan, diambil untuk potongan data tertentu untuk melakukan perjalanan dari satu titik tertentu ke titik lainnya

Membangun Jaringan sederhana
Apa itu Jaringan peer to peer? Jaringan peer to peer merupakan salah satu model jaringan komputer yang terdiri dari dua / beberapa komputer, dimana setiap komputer yang terdapat di dalam lingkungan jaringan bisa saling berbagi.

Apa itu client dan server ? Client adalah jaringan yang menggunakan sumber daya yang disediakan oleh server. Server adalah sebuah sistem komputer yang menyediakan jenis layanan (servis) tertentu dalam sebuah komputer.

Jenis-Jenis Data :
Voluntereed Data (Data Sukarela) di buat dan di bagikan secara eksplisit oleh indivudu , seperti profil jaringan sosial. Jenis data ini mungkin termasuk file video, gambar, teks atau file audio.
Inferred data (data yang disimpulkan) Data yang disimpulkan, seperti nilai kredit, didasarkan pada analisis data sukarela atau data yang diamati.
Observed data (data yang diamati) Data yang diamati ditangkap dengan merekam tindakan individu, seperti data lokasi saat menggunakan ponsel.
Apa itu Bit ? Bit adalah unit data terkecil serta ditransmisikan sebagai sinyal melalui kawat tembaga, kabel serat optik, dan nirkabel.
Bandwidth (Lebar jalur data)
Throughput Kecepatan data yang sebenarnya

Chapter 2
Ponsel menggunakan gelombang radio untuk mengirimkan sinyal ke antena yang terpasang menara yang berada di wilayah geografis tertentu. Jaringan lain yang digunakan oleh ponsel pintar meliputi GPS, Wi-Fi, Bluetooth, dan NFC:
·         Global Positioning System (GPS): jaringan telepon pintar yang memungkinkan ponsel menghitung lokasi ponsel
·         Wi-fi: jaringan telepon pintar yang memungkinkan ponsel terhubung ke jaringan lokal dan internet menggunakan jalur akses nirkabel
·         Bluetooth: teknologi nirkabel jarak pendek untuk menghubungkan headphone atau speaker ke jaringan lokal
·         NFC adalah singkatan dari Near Field Communication yang intinya menciptakan komunikasi antar dua perangkat dengan cara menyinggungkan atau mendekatkan dua perangkat pada jarak hingga beberapa sentimeter saja.

Tiga komponen informasi yang dibutuhkan oleh perangkat pengguna akhir untuk berkomunikasi di jaringan:
·         Alamat ip:  Alamat yang digunakan sebagai identitas.
·         Subnet mask: Untuk pembagian net id dan host id.
·         Default gateway: IP yang digunakan untuk berkomunikasi dengan network yang berbeda.
·         DNS Server: perangkat yang menerjemahkan nama domain (www.cisco.com) ke alamat IP.
·         Physical topology/topologi fisik: sebuah diagram topologi yang menunjukkan lokasi perangkat jaringan yang menghubungkan host dan kabel yang terpasang.
·         Logical topology/topologi logis: sebuah diagram topologi yang menunjukkan informasi konfigurasi dan perangkat pengalamatan IP.

Prinsip DHCP yaitu DORA
Type network media:
·         Cooper (UTP & STP, dll) > max 100m
·         Coaxial (Kabel televisi, dll) > max 500m
·         Fiber-optic > max 2km (single mode), 550m (multi mode)

Kriteria untuk memilih media jaringan:
·         Jarak
·         Lingkungan
·         Kecepatan
·         Biaya
·         Jumlah data

Gangguan saat mengirim data yaitu:
·         Interferensi (crosstalk)
·         Elektromagnetik (EMI)

Perbedaan UTP dan STP:
STP > Dalam bungkusan terdapat lagi bungkus-bungkus kecil tiap warna yang menyerupai (misal putih orange & orange).
UTP > Hanya ada 1 bungkusan untuk semua warna.
UTP: Jenis kabel jaringan yang paling umum digunakan untuk menghubungkan perangkat.
Straight-through: Jenis kabel yang digunakan untuk dua perangkat yang menggunakan pin berbeda untuk mentransmisikan dan menerima data.
Crossover: jenis kabel yang akan digunakan untuk dua perangkat yang menggunakan pin yang sama untuk mentransmisikan dan menerima data.
Coaxial: Sarana penyalur yang bertugas menyalurkan setiap informasi yang telah diubah menjadi sinyal–sinyal listrik.

Fiber Optic Terdiri Dari:
   Jenis kabel yang terbuat dari kaca atau plastik yang sangat halus dan lebih kecil dari sehelai rambut, dan dapat digunakan untuk mentransmisikan sinyal cahaya dari suatu tempat ke tempat lain.
1.       Jacket
2.       Strengthening material
3.       Buffer
4.        Cladding
5.       Core

Chapter 3
Tiga elemen penting dalam komunikasi:
·         Source
·         Destination
·         Media transmisi
Protocol adalah suatu aturan berkomunikasi pada perangakat komputer.
Protokol komunikasi:
·         Timing: Kecepatan pengiriman ke tujuan.
·         Message size: Ukuran suatu paket yang dapat dikirimkan dalam waktu tertentu.
·         Message format: Format paket atau data yang akan dikirim.
·         Encapsulation: Memberikan informasi tambahan.
·         Encoding: Proses mengubah informasi ke bentuk yang lain agar mudah dimengerti.
·         Message pattern: Pola pengiriman paket/data.
Metode pengiriman:

·         Broadcast (1 untuk semua)
·         Multicast (1 untuk banyak atau grup)
·         Unicast (1 untuk 1)
Protocol stack
·         Komunikasi yang sukses membutuhkan interaksi antar protocol.
·         Sebuah stack protocol digunakan untuk membantu memisahkan fungsi masing-masing protocol.
·         Hal ini memungkinkan setiap laposan di stack beroperasi secara independen dari yang lain.
Menggunakan model layered
·         Model berlapis membantu kami memvisualisasikan bagaimana berbagai protokol bekerja bersama untuk memungkinkan komunikasi jaringan

Perbedaan Osi Layer dan TCP/IP yaitu:
·         OSI LAYER digunakan untuk standar komunikasi, sedangkan TCP/IP digunakan untuk komunikasi jaringan.
·         OSI LAYER cuman materi namun digunakan pada proses troubleshooting, sedangkan TCP/IP diterapakan atau diimplementasikan.

Keuntungan open standard:
·         Persaingan sehat.
·         Bisa berinovasi.
·         Bisa berkomunikasi antar vendor.

Enkapsulasi
·         Proses menempatkan satu pesan ke dalam format pesan lain disebut enkapsulasi.
·         De-enkapsulasi terjadi saat proses dibalik.
·         Sebelum pesan jaringan dikirim melalui jaringan, jaringan tersebut dienkapsulasi dalam bingkai yang mengidentifikasi alamat MAC tujuan dan sumber.

Mengapa Jaringan Butuh Desain Hirarkis
·         Alamat MAC mengindentifikasi host tertentu di jaringan lokal, namun tidak dapat digunakan untuk menjangkau jaringan host jarak jauh.
·         Desain hirarkis diperlukan.

Manfaat desain Hirarkis
·         Jaringan enterprise paling sering

Tiga lapisan dasar desain hirarkis:
·         Access layer menyediakan koneksi ke host di jaringan Ethernet lokal.
·         Distribution layer menghubungkan jaringan lokal yang lebih kecil.
·         Core layer menyediakan koneksi berkecepatan tinggi antara perangkat lapisan distribusi.

Membagi Jaringan Lokal:
·         Seiring pertumbuhan jaringan, seringkali diperlukan untuk membagi satu jaringan lapisan akses ke dalam beberapa jaringan lapisan akses.
·         Ada banyak cara untuk membagi jaringan berdasarkan kriteria yang berbeda.

 Kriterianya yaitu:
·         Broadcast containment
·         Security requirements
·         Physical locations
·         Logical grouping

Frame yang akan dikirim:
·          Minimum 64 bytes
·          Maksimum 1518 bytes

D.Kesimpulan
Memahami materi yang telah di paparkan dapat membantu saat menyelesaikan tugas.

E.Penutup
Sekian untuk hari ini , Jika ada kesalahan dari pengetikan mohon maaf karena saya membuat ini di malam hari. Wassalamu Alaikum Wr.Wb.

Comments