Standart Operasional Prosedure

A.Pendahuluan
Assalamu’alaikum Wr.Wb. Hay gays kembali lagi blog sederhana saja , kali ini     saja akan membahas tentang Standart Operasional Prosedur atau biasa di sebut SOP.

B.Latar Belakang
Dalam kesempatan ini saya akan sharing sedikit tentang apa sih S.O.P itu? .

C.Maksud dan Tujuan
Tujuan di buatnya artikel ini adalah untuk mengetahui Standart Operasional Prosedur.

D.Pembahasan
Standart Operasional Prosedur (SOP) adalah serangkaian instruksi kerja tulis yang dibakukan (terdokumentasi) mengenai proses penyelenggaraan administarasi perusahaan, bagaiamana dan kapan harus di lakukan, dimana dan oleh siapa dilakukan.

Menurut Tjipto atmoko, standart Operasional Prosedur meruapakan suatu pedoman atau acuan untuk melaksanakan tugas pekerjaan sesuai dengan fungsi dan alat penilaian kenerja instansi perintah berdasarkan indikator-indikator teknis, administratif dan persedural sesuai tata kerja, prosefer kerja dan sistem kerja pada unit yang bersangkutan.

Manfaat Standart Opersianl Prosedur

  • Sebagai standarisasi cara yang di lakukan pegawai dalam menyelesaikan pekerjaan yang menyeleasikan tugasnya.
  • Mengurangi tingkat kesalahan dan kelalaian yang mungkin dilakukan oleh seorang pegawai dalammelaksanakan tugas. 
  • Meningkatkan efisiensi dan efektifitas pelaksanaan tugas dan tanggung jawab individual dan organisasi secara keseluruhan. 
  • Membantu pegawai menjadi lebih mandiri dan tidak bergantung pada intervensi manajemen, sehingga akan mengurangi keterlibatan pimpinan dalam pelaksanaan proses sehari-hari. 
  • Meningkatkan akuntibilitas pelaksanaan tugas. 
  • Menciptakan ukuran standar kinerja yang akan memberikana pegawai cara konktir untuk memperbaiki kinerja serta membantu mengevaluasi usaha yang telah dilakukan. 
  • Memastikan pelaksanaan tugas penyeleggaraan pemerintahan dapat berlangsung dalam berbagai situasi. 
  • Memberikan informasi mengenai kualifikasi kompetensi yang harus di kuasai oleh pegawai dalam melaksanakan tugasnya. 
  • Memberikan informasi dalam upaya peningkatan kompetensi pegawai.
Tujuan Standar Operasional Prosedur (SOP)
  • Agar petugas/pegawai menjaga konsisten dan tingkat kinerja petugas/pegawai atau tim dalam unit kerja.
  • Agar megetahui dengan jelas perang dan fungsi setiap posisi dalam organisasi. 
  • Memperjelas alur tugas, wewenang dan tanggung jawab dari petugas/pegawai terkait. 
  • Melindungi organisasi/unit kerja dan petugas/pegawai dari malpraktek atau kesalahan administrasi lainnya. 
  • Untuk menghindari kegagalan/kesalahan, keraguan , duplikasi, dan inefisiensi.
Fungsi Standart Operasional Prosedure
  • Memperlancar tugas petugas/pegawai atau tim/unit kerja.
  • Sebagai dasar hukum bila terjadi penyimpangan. 
  • Mengetahui dengan jelas hambatan-hambatannya dan mudah dilacak. 
  • Mengarahkan petugas/pegawai untuk sama-sama rutin.

Oleh karena itu di perlukan standar-standar operasional prosedur sebagai acuan kerja secara sungguh-sungguh untuk menjadi sumber daya manusia yang profesional, handal sehingga dapat mewujudkan visi dan misi perusahaan.

E.Kesimpulan
Dengan adanya Standart Operasional Prosedur (SOP) yang baik akan menjadi pedoman bagi pelaksana, menjadi alat komunikasi dan pengawasan dan menjadikan pekerjaan diselesaikan secara konsisten.

F.Penutup
Nah itulah tadi sedikit sharing saya tentang apa sih itu SOP. Semoga apa yang saya paparkan tadi dapat anda mengerti :D .

G.Referensi
Buku Standart Operational Prosedur.

Comments